Lebih Cocok Jadi Penjahat?! Ini yang Menarik dari Eren Setelah Time Skip!..2

Lebih Cocok Jadi Penjahat?! Ini yang Menarik dari Eren Setelah Time Skip!

Sebenarnya Eren pun Tak Memiliki Pilihan




Meski begitu, serangan Eren juga tak dilandasi oleh kebencian semata. Bahkan kalau dilihat dari ekspresinya, Eren tidak benar-benar menaruh kemarahan kepada Willy, meski Willy menggunakan namanya untuk memprovokasi seluruh negara dunia menggempur Paradis.

Masalahnya, Willy juga tak memberi Eren pilihan.
Eren menjadi Assault Titan bertepatan dengan deklarasi perang Willy kepada Paradis. Setelah pidato bagus Willy, sudah dipastikan Eldia penguasa Marley ini sudah menggalang dukungan yang dibutuhkan negaranya. Kalau Eren membiarkan Willy hidup, maka pulaunya akan hancur.

Attack on Titan

Sekarang, Paradis didukung oleh Assault Titan (yang juga memiliki kekuatan Founder Titan), serta Colossal Titan. Mungkin Female Titan pun sudah ada di tangan Paradis, karena kekuatan itu belum berpindah.

Meski begitu, bila semua negara dunia dengan teknologi mereka menyerbu Paradis, para Titan ini pun tak akan cukup. Satu-satunya yang akan bisa dilakukan penduduk Pulau Paradis hanya menghabisi sebanyak-banyaknya musuh sebelum akhirnya tewas.

Tewasnya Willy bisa menyebabkan kekacauan yang pada akhirnya membantu. Mungkin negara-negara dunia tetap memutuskan untuk berperang melawan Paradis. Terutama kalau nanti di Attack on Titan 101 Eren memutuskan menghabisi sebanyak-banyaknya manusia sebelum Reiner, Zeke, atau pejuang lain Marley menghentikannya.



Tapi, seperti yang sudah diperlihatkan sebelumnya, Willy adalah satu-satunya harapan Marley untuk memperoleh dukungan dari bangsa lain. Marley sebagai negara agressor yang sudah berperang dengan banyak pihak sebenarnya dibenci oleh banyak pihak. Hanya Willy yang memiliki reputasi dan karisma untuk menyatukan mereka semua.

Kalau Willy mati, maka negara-negara ini mungkin akan memutuskan bergerak sendiri-sendiri. Beberapa bahkan bisa jadi akan mengurungkan niat menyerang Paradis. Jadi dengan begini, Paradis punya kesempatan untuk melawan balik.

Terutama kalau dalam penyerbuan ini Eren sekalian mengatasi Reiner, Pieck, Porco, dan juga Zeke; empat pejuang dari bangsa Marley.

Jadi Sebenarnya Jagoannya Siapa Sih?



Hajime Isayama memberi pendekatan menarik dalam menyajikan alur setelah time skip ini. Pembaca dibuat lama memahami sifat Reiner, sehingga kamu mungkin akan menaruh simpati pada tokoh tragis itu.

Lalu tiba-tiba Eren setelah time skip muncul dan aksi pertamanya adalah melakukan aksi yang bisa dibilang terorisme, dengan korban Willy Tybur yang sebenarnya simpatik juga.

Untuk sekarang, situasinya bisa dibilang abu-abu. Reiner menciptakan tragedi Tembok Maria hanya karena ia mengincar menjadi pahlawan, demi kebahagiaan ibunya. Sekarang ia hanya prajurit yang mencoba mematuhi pemimpinnya. Masalahnya, pemimpinya adalah jejeran tamak yang mengincar Paradis hanya untuk memperoleh sumber daya alam.

Di sisi lain, tindakan Eren setelah time skip mungkin sangat mengejutkan. Meski begitu dia melakukannya untuk membantu memastikan Paradis tetap bertahan, bukannya dihabisi oleh semua negara di dunia.
Attack on Titan 97

Rasanya protagonis utamanya tetap Eren. Meski begitu, kamu kini bisa memahami juga kisah dari sisi antagonisnya, yakni Marley. Sekarang tinggal pembaca yang menentukan mana yang lebih mereka sukai.

Tentunya, ini membuat alur manga terasa sangat menarik. Terutama mungkin untuk pembaca dewasa, karena semakin lama alur Attack on Titan memang jadi sangat-sangat seinen.

Bagaimana menurutmu? Siapa yang kamu dukung dalam konflik tragis ini? Apakah Eren, yang hanya mencoba memastikan penduduk Pulau Paradis tetap dapat hidup damai? Ataukah Reiner dan pasukan Marley? Sampaikan di kolom komentar!
What's your reaction?

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Penjelasan Kenapa Gaya Berlari Moira Mirip Dengan Gaya Lari Naruto

Siap Tayang Boku Terbaru